Friday, August 26, 2022

,

Network Monitoring

 


Apa Sistem Monitoring Jaringan?

Sistem Monitoring Jaringan merupakan sistem yang berfungsi untuk memantau aktivitas pada perangkat jaringan. Monitoring digunakan untuk mengetahui perangkat jaringan mana yang mati dan hidup. Dengan melakukan monitoring diharapkan jika terjadi permasalahan pada jaringan dapat diperbaiki dengan cepat dan mudah oleh administrator.

Kenapa diperlukan Sistem Monitoring?

Sistem monitoring digunakan untuk memantau, mengawasi, dan mengontrol jalan atau tidaknya suatu perangkat jaringan. Pentingnya monitoring adalah terpantau secara rutin perangkat yang bermasalah yang berpotensi mengganggu jaringan internet. Masalah jaringan yang sering muncul adalah kerusakan perangkat jaringan dan listrik tidak stabil, dimana kesalahannya tidak diketahui oleh pemantau jaringan secara manual dan pemeriksaan jaringan yang terlalu lama melakukannya.

Untuk menjaga jaringan dapat digunakan secara maksimal, diperlukan adanya monitoring perangkat jaringan seperti pada objek penelitian monitoring perangkat jaringan berbasis Simple Network Management Protocol (SNMP) untuk kemudian monitoring tersebut juga dapat ditampilkan dalam bentuk website yang bertujuan mempermudah administrator melakukan tugas monitoring jaringan.

Bagaimana cara melakukan Monitoring?

Cara memonitoring jaringan dapat menggunakan perangkat berbasis SNMP. SNMP merupakan protokol standar yang digunakan untuk memonitor dan mengelola berbagai perangkat di jaringan internet meliputi hub, router, switch, workstation dan sistem manajemen jaringan jarak jauh. Sistem berbasis website ini dapat menampilkan grafik yang menguraikan traffic jaringan dari diberbagai tempat. Administrator juga dapat memantau informasi gangguan jaringan via email. Untuk penanganan dilakukan secara bertahap oleh tim Administrator.

Cara Menyikapi adanya gangguan?

  1. Menunggu beberapa saat, hingga jaringan kembali nyala dan stabil.
  2. Pastikan bahwa Wifi aktif dan dan mencari sinyal yang paling kuat. Input kata sandi Wifi yang benar.
  3. Jika masih bermasalah, dapat memberikan informasi secara jelas, rinci dan dapat dipertanggungjawabkan. Informasi tersebut dapat disampaikan kepada Information Technology (IT) Support yang terdapat disetiap Fakultas UMS untuk mendapat penanganan pertama.
Sumber : Suyadi, S.Kom dan Sapta Hary Surya Wibowo, S.T.

0 comments:

Post a Comment